Posted by : Unknown Kamis, 23 Januari 2014


RB750 adalah produk routerboard yang sangat mungil dan diperuntukkan bagi penggunaan SOHO. Memiliki 5 buah port ethernet 10/100, dengan prosesor baru Atheros 400MHz. Sudah termasuk dengan lisensi level 4 dan adaptor 12V. 
Kali ini saya akan memberikan tutorial Konfigurasi dasar Mikrotik Router RB750
Pertama download software Winbox nya disini...

Ether1 aku tancapin ke modem dari ISP Ether2 aku tancapin di komputer
Setelah di download, buka winbox nya...




 

 Klik Kotak Kecil pada kolom "Connect to" pilih mikrotik nya







masukkan username dan password
untuk defaultnya adalah
Username: admin

Password: (kosong/tidak di isi)






Kilk Menu Interface, untuk melihat info Ethernetnya
Beri nama Interfacenya, biar tidak bingung nantinya 




Karena disini saya akan mensetting dua Ether saja jadi saya beri nama untuk Ether1: WAN dan Ether2: LAN. Untuk interface 3-5 saya biarkan saja

 




Beri IP pada Ether2, Klik Icon "Tambah (warna merah).

Isikan IP Localnya, Pilih Interfacenya: Ether2

lalu klik "Apply" kemudian "Ok"...




Kenapa Ether1 tidak saya beri IP secara manual? IP Ether1 bisa didapat lewat DHCP Client, yaitu IP yang diberikan oleh ISP seperti Telkom...






Kemudian Isi DNS nya

Klik menu IP > DNS






Klik Setting, kemudian isikan DNS.

Di sini saya akan menggunakan DNS Nawala

untuk lebih jelasnya tentang DNS Nawala ini, klik di sini






 Sekarang kita tambahkan DHCP Client pada Ether1

Klik menu IP > DHCP Client

Klik Icon "Tambah (warna merah)"

Pilih interfacenya: Ether1 Klik "Apply" lalu "Ok"






 Kita lanjut ke DHCP Server.

klik menu IP > DHCP Server.

Klik Icon "Tambah" pilih Interfacenya: Ether2

Klik Next...






Address Space : banyak IP yang didapat / Subnet mask






Address to Give Out : Banyak IP yang bisa di gunakan






DNS Server: Pengisian DNS



Yang terakhir adalah pemberian lama waktu IP yang diberikan

(maaf, saya lupa men screenshotnya)






Coba sekarang dari mikrotik di ping ke google.com

Klik menu "New Terminal", lalu tuliskan "ping google.com"

kalo sudah tersambung berarti settingan yang tadi berhasil






Sekarang coba ping komputer kita ke google

Kenapa tidak bisa? karena saya lupa untuk memberi izin koneksi....







Klik pada menu IP > Firewall

dalam firewall pilih menu NAT, klik icon "Tambah"

Pilih Out. Interfacenya pada Ether1

kemudian klik menu "Action"






Pilih actionnya "masquerade"

klik "Apply" lalu "OK"






Coba ping ke google...

bisa kan




Sekarang kita akan mengatur nama mikrotikny nya...
 




Klik menu System > Identity

Isi namanya lalu klik "OK "





Kemudian kita akan mengatur User Adminnya...





Klik Menu System > User

Klik icon "Tambah" lalu masukkan Namanya (sebagai username)

Group : pilih full, kemudian klik Password

Isikan Passwordnya

klik "OK"



Semoga Bermanfaat ;)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Popular Post

Blog Archive

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Muchamad Ichwan Fauzi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -